BENCHMARKING SENTRA KI UNIDHA MALANG KE LPIK ITB BANDUNG

PROGRAM INSENTIF PENGUATAN SENTRA KI 2019
30
Oct

BENCHMARKING SENTRA KI UNIDHA MALANG KE LPIK ITB BANDUNG

Sentra.KI-Unidha. Untuk meningkatkan kualitas serta untuk jaringan kerjasama, Sentra KI Unidha Malang melakukan kunjungan benchmarking tahap kedua ke LPIK ITB pada 27-28 Agustus 2019. Kegiatan benchmarking ini menjadi bagian dari Program Insentif Penguatan Sentra Kekayaan Intelektual 2019. Melalui benchmarking ini diharapkan Sentra KI Unidha dapat memperoleh pengetahuan tentang program peningkatan kualitas Sentra KI. Program benchmarking  yang dilakukan ke ITB merupakan kegiatan benchmarking yang kedua setelah melakukan benchmarking ke Sentra KI ITN Malang. Kegiatan benchmarking memang harus dilakukan secara berkesinambugan, sehingga organisasi dapat memperoleh manfaat dalam meraih praktik aktifitas organisasi yang terbaik.

Beberapa hal yang menjadi fokus pembahasan melalui Benchmarking di ITB, sebagai berikut.

  1. Di ITB Sentra KI terintegrasi dengan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK). 
  2. Untuk Sentra KI di ITB secara struktural belum se-lengkap Sentra KI Unidha karena Sentra KI di ITB terintegrasi dengan LPIK.
  3. Terdapat beberapa hal yang menarik dari LPIK ITB yang merupakan UPT yang menaungi Sentra KI di ITB, yaitu
    • LPIK ITB memiliki beberapa program untuk peningkatan jumlah HAKI di ITB melalui call for proposal for research dan star up. Setiap proposal penelitian yang lolos seleksi oleh LPIK dihimbau dapat di HAKI kan baik dalam bentuk Hak Cipta, Paten dan Paten Sederhana;
    • LPIK memiliki anggaran untuk meningkatkan jumlah proposal penelitian dan star up yang muaranya untuk  peningkatan HAKI;
    • Anggaran dana yang disediakan oleh LPIK untuk penelitian dan star up hanya untuk Dosen ITB namun anggota research dan star up sangat boleh dari mahasiswa;
  4. Untuk meningkatkan inovasi dan pengembangan star up LPIK memiliki divisi inkubator ide, sehingga terbentuk struktur yang sistematis yang dimulai dari call for proposalà seleksi proposal à pengumuman pemenang proposalà pelaksanaan programà proposal masuk di inkubatorà call for mentor untuk pengembangan dan evaluasi ide yang dikembangkanà pengusulan HAKIà granted.
  5. Sebagian besar HAKI yang granted di Sentra KI ITB adalah paten berupa start up.
  6. Program Sentra KI ITB yang terintegrasi dengan LPIK adalah kerjasama. Beberapa kerjasama yang pernah dilakukan yaitu dengan Pertamina, ESDM, dan beberapa Perusahaan Nasional.
  7. Sentra KI ITB memiliki perusahaan miliki LPIK yang digunakan untuk mengikubasi idea tau inovasi civitas akademika ITB. Hal ini dirasa sangat efektif untuk meningkatkan inovasi dan pengembangannya.
  8. Diperlukan komunikasi yang intensif untuk menjalin kerjasama.
  9. HAKI yang sudah granted di Sentra KI ITB yaitu paten star up. Hal ini berkebalikan dengan HAKI yang granted di Sentra KI Unidha.
  10. Dalam bidang hukum, perlu dilakukan penelusuan HAKI sebelum diusulkan. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir permasalahan.
  11. Dalam bidang pemasaran, Sentra KI ITB hanya berfokus pada HAKI yang diusulkan oleh civitas akademika di ITB. Sentra KI ITB belum melakukan pemasaran di UMKM karena terkendala status ITB sebagai Perguruan Tinggi Negeri.
  12. Jumlah HAKI yang sudah granted di ITB tahun 2018 telah melebihi target.
  13. Jumlah dana yang dikelola oleh LPIK termasuk Sentra KI ITB mencapai 35 M.
  14. LPIK dan LPPM di ITB merupakan UPT yang sejajar di bawah SK Rektor.

Melalui kegiatan benchmarking diharapkan dapat mengadopsi beberapa program guna untuk peningkatan kualitas. Benchmarking  dengan ITB telah memberikan pemahaman bahwa memang idealnya penelitian-penelitian yang dilakukan oleh civitas akademisi di Perguruan Tinggi harus bermuara pada HAKI dan harus ada divisi inkubator guna sebagai evaluator dan mentor untuk mengembangkan ide yang telah dilakukan.

824 total views, 1 views today