Sejarah

Sentra HKI Unidha merupakan lembaga bentukan Universitas Wisnuwardhana Malang sejak tahun 2016. Universitas Wisnuwardhana Malang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Malang, yang  telah berdiri sejak tahun 1981.Universitas Wisnuwardhana Malang merupakan Perguruan Tinggi yang didirikan sebagai sentra ilmu pengetahuan yang berbasis teknologi dan pengabdian kepada masyarakat, harus bisa mendorong  sumber daya manusia (SDM)nya untuk melakukan kegiatan penelitian dengan hasilnya berupa temuan, pengembangan, rekayasa maupun kegiatan inovasi lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu dari tugas sebagai seorang dosen  dalam melakukan Tridharma pendidikan tinggi untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Di era globalisasi saat ini dengan persaingan yang semakin ketat, Universitas Wisnuwardhana Malang selalu berupaya untuk meningkatkan mutu dan daya saing khususnya salah satunya dari hasil penelitian Dosen dan Mahasiswa untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan hasil yang dapat dibanggakan dan/atau mampu masuk kategori Invensi yang dilindungi oleh HKI. Proses peningkatan mutu inilah yang menjadi program utama dari Universitas Wisnuwardhana Malang sebagai langkah awal untuk melakukan perlindungan atas invensi hasil penelitian yang dihasilkan oleh Sumber daya Universitas Wisnuwardhana Malang, selain juga agar para dosen, peneliti dan mahasiswa mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi mengenai perlindungan Kekayaan Intelektual baik berupa tata cara, persyaratan maupun prosedur pendaftarannya.

 Peningkatan di bidang perlindungan Kekayaan Intelektual di Universitas Wisnuwardhana Malang, Rektor Universitas Wisnuwardhana Malang pada tanggal 8 Maret 2016 membentuk Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Universitas Wisnuwardhana yang dilengkapi dengan Tim Pengelola Kekayaan berdasarkan Surat Keputusan Rektor  Universitas Wisnuwardhana Malang Nomor: 010/071028/RTR/SKEP/SEN.HKI/III/2016, yang telah diperbarui dengan Surat Keputusan Rektor Nomor : 098/071028/RTR/SKEP/SEN.HKI/VII/2019  yang dikeluarkan pada tanggal 19 Juli 2019.

Kemudian pada tahun 2018 diperkuat dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manuasi Republik Indonesia (selanjutnya dalam proposal ini disebut dengan DJKI Kemenkumham RI) Nomor : HKI.HM.05.04-02 dengan Universitas Wisnuwardhana Malang Nomor : 189/071028/RTR/KRJ.HKI/II/2018, tentang Perlindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual tertanggal 17 (tujuhbelas) Februari 2018 (duaribu delapanbelas), yang ditandatangani oleh Bapak Dr.Freddy Harris., S.H., LL.M., ACCS selaku Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dan Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S.H., M.H selaku Rektor Universitas Wisnuwardhana Malang.

38 total views, 1 views today