WEBINAR SENTRA KI

Tema “Pengembangan Potensi Kekayaan Intelektual (KI) di era New Normal“, 2 Juli 2020
3
Aug

WEBINAR SENTRA KI

Sentra KI Unidha– Pada tanggal 2 Juli 2020 hari Kamis Universita Wisnuwardhana Malang telah menyelenggarakan Webinar Series yang bertemakan “Pengembangan Potensi Kekayaan Intelektual (KI) di era New Normal“. Tujuan dari webinar ini adalah agar dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran bagi civitas akademika Universitas Wisnuwardhana Malang khususnya dan masyarakat di luar lingkungan Universitas Wisnuwardhana Malang pada umumnya untuk melindungi karya dan invensinya sehingga ada kepastian hukum atas hak mereka terhadap karya serta invensi yang dimilikinya

Di era globalisasi yang sarat akan teknologi, saat ini perkembangan di berbagai bidang tidak lepas dari yang namanya teknologi. Jika berbicara mengenai teknologi, maka hal ini juga dikaitkan dengan kekayaan intelektual. Dimana perlindungan terhadap karya intelektual hasil-hasil penelitian dan pengembangan kreatifitas menjadi sangat penting, dengan persaingan pasar yang menuntut perguruan tinggi, UMKM, dan dunia industri harus mampu meningkatkan mutu dan daya saing khususnya salah satunya dari hasil penelitian Dosen dan Mahasiswa untuk Perguruan Tinggi, dan penemuan inovasi yang memiliki nilai novelty yang dapat membedakan dan meningkatkan daya saing di bidang usaha UMKM dan Industri, yang kesemuanya masuk kategori karya dan Invensi yang dilindungi oleh Hukum Kekayaan Intelektual.

Proses peningkatan mutu inilah yang menjadi program utama dari Universitas Wisnuwardhana Malang dalam melakukan sosialisasi dalam bentuk webinar sebagai langkah awal untuk melakukan perlindungan atas karya dan invensi hasil penelitian yang dihasilkan oleh civitas akademika Universitas Wisnuwardhana Malang dan juga masyarakat umum.

Webinar ini diikuti oleh kurang lebih sebanyak 1200 peserta yang terdiri dari 500 orang join melalui zoom meeting dan sisanya join melalui streaming youtube. Adapun peserta berasal dari berbagai daerah selain yang berasal dari wilayah Jawa Timur juga ada yang berasal dari yogyakarta, Jambi, Jakarta, Dumai, NTT, Bekasi, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Semarang, Bogor, Bone, Sumatera Barat, Lampung, Bandung, Makasar, Riau, Balikpapan, Medan, Ambon, Pontianak dan masih banyak daerah lainnya. Selain itu peserta tidak saja berasal dari kalangan Dosen dan Mahasiswa, namun juga diikuti oleh balai penelitian, Polri, Pengacara, Kemenhub, Dinas Nakertrans, Kemenag, Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan, Kantor Kesehatan, Kemekumham Kanwil DIY dan lain sebagainya.

Kegiatan Webinar dibuka oleh Host yaitu Bpk. Bayu Firmanto, S.ST.MT, yang kemudian di moderatori oleh Ibu Dwi Ekasari Harmadji, SE.Ak., M.M.

Webinar di isi materi dari Keynote Speaker: Bpk. Prof. Dr. H. SUKO WIYONO, S.H., M.H (Rektor Universitas Wisnuwardhana Kota Malang; Waketum Pengurus Pusat AP. HTN – HAN Indonesia; Wakil Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI)) dan para Narasumber yaitu :

  • Bpk. H. HANDI NUGRAHA, S.H., M.H (DJKI Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Kasi. Kerjasama Antar Lembaga Non Pemerintah dan Monitoring Konsultan KI, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia)
  • Bpk. Dr.rer.pol EKO AGUS PRASETIO, S.T., MBA. (Institut Teknologi Bandung (ITB), Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausanaan ITB Bandung)
  • Bpk. Dr. YAN RIANTO, M.Eng (LIPI, Kepala Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek LIPI dan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI) dan
  • Ibu FEBRY CHRISDANTY, S.H., M.Hum., M.Kn (Universitas Wisnuwardhana Malang, Ketua Sentra Kekayaan Intelektual (KI) dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Wisnuwardhana Malang)

Tim Pelaksana Webinar Sentra Kekayaan Intelektual Universitas Wisnuwardhana Malang terdiri dari Tim Sentra KI dan Tim Webinar Series Universitas Wisnuwardhana Malang

Webinar lengkapnya dapat disaksikan kembali di chanel youtube https://www.youtube.com/watch?v=ndXLkCwzdbo

356 total views, 1 views today